Ikuti tips ini untuk menjauhkan jaket kulit dari bau tidak sedap

Erika - 02 Nov 2016 14.19

data-maxwidthxs=400

Banyak yang menyukai bahan kulit karena sifatnya yang kuat dan tahan lama. Bahan yang berasal dari proses penyamakan kulit binatang ini biasa digunakan untuk membuat sepatu, tas, jaket dan lain-lain. Satu kekurangan yang sering dikeluhkan para pengguna bahan kulit, yakni baunya yang mudah apek. Bau apek tersebut biasanya disebabkan oleh pori-pori bahan yang mudah menyerap bau, atau karena berasal dari bahan kulit itu sendiri Jaket kulit utamanya, cukup mudah berbau tak sedap lantaran seringnya dikenakan di badan. Jaket tak jarang menyimpan bau asap, keringat, makanan, parfum, bau jamur, hingga bau kulit sisa penyamakan.

Tips cermat agar jaket kulit tidak bau dan awet

Namun, anda tak perlu khawatir sebab ada banyak cara yang dapat dilakukan agar jaket kulit anda aman dari bau. Mengatasi bau pada jaket kulit pun tak boleh sembarangan, karena penggunaan bahan kimia tertentu atau perlakuan yang salah malah dapat mengakibatkan kerusakan pada jaket. Lantas bagaimana cara terbaik untuk mengatasi bau tersebut? Berikut tips yang dapat anda coba untuk mencegah dan mengatasi bau pada jaket kulit.


1. Jemur Jaket di Ruang Terbuka

data-maxwidthxs=400

Jaket akan berbau apek saat ia lembab atau basah. Maka, jaket harus langsung dijemur di ruang terbuka saat agak lembab atau basah. Yang harus diperhatikan, jaket harus terhindar dari sinar terik matahari langsung, karena hal tersebut dapat mengakibatkan bahan jaket yang basah menjadi pecah-pecah saat sudah mengering.


2. Oleskan minyak telon pada Jaket kulit

data-maxwidthxs=400

Cara yang cukup ampuh mencegah dan mengusir bau tak sedap dari jaket kulit adalah dengan mengolesinya minyak telon. Oleskan minyak telon pada bagian jaket yang terasa bau, di bagian dalam punggung, kerah, dan daerah ketiak jaket misalnya.


3. Pakai Lotion Khusus Jaket

data-maxwidthxs=400

Semprotkan lotion khusus pada jaket kulit juga dikenal ampuh mencegah dan menghilangkan bau tak enak pada jaket kulit. Lotion ini bisa didapatkan di toko-toko jaket kulit.


4. Jangan Tumpuk Jaket Bersama Baju Kotor

data-maxwidthxs=400

Jika Anda tak mau jaket kulit kesayangan Anda bau, haram hukumnya menumpuk jaket kulit bersama dengan pakaian kotor. Bahkan meski jaket sedang kotor. Itu karena bahan jaket akan menyerap aneka bau tak sedap dari bekas pakai Anda. Adapun jaket yang kotor dapat dibersihkan hanya dengan mengelap lalu menjemurnya tanpa kontak langsung dengan sinar matahari.


5. Jangan Melipat Jaket Kulit

data-maxwidthxs=400

Cara paling tepat menyimpan jaket kulit adalah dengan menggantungnya, dan bukan melipatnya. Jaket kulit yang terlipat akan lebih mudah lembab dan itu akan membuat jaket berjamur, berbintik putih, dan bau. Perhatikan pula kondisi lemari tempat menyimpan. Usahakan lemari selalu bersih dari jamur.


6. Segera Bersihkan Saat Jaket Kulit Berjamur

data-maxwidthxs=400

Saat muncul bercak jamur pada jaket, segeralah bersihkan. Sedikit jamur yang tetap dibiarkan lama kelamaan akan meluas dan tentu akan membuat jaket berbau jamur. Cara membersihkannya adalah dengan menggunakan tissu basah.

Setelah itu, semprotkan spray anti jamur. Spray khusus untuk bahan kulit ini bisa didapatkan di toko jaket kulit. Hindari menyemprotkan parfum, atau menggunakan detergen maupun pewangi pakaian karena dapat merusak bahan kulit.


7. Gunakan Larutan Air dan Cuka

data-maxwidthxs=400

Buat larutan air dan cuka dengan perbandingan 1:1. Sebelum mengaplikasikan larutan, lakukan uji coba terlebih dahulu di bagian jaket yang tidak terlihat, apakah larutan tidak mengubah warna atau merusak jaket.

Jika tidak, oleskan larutan air-cuka tersebut pada jaket dengan menggunakan lap. Tak usah khawatir dengan bau asem cuka, karena cuka akan menguap membawa bau tak sedap pada jaket.


8. Bungkus Jaket Kulit dengan Kertas Koran

data-maxwidthxs=400

Cara paling simpel mencegah dan menghilangkan bau pada jaket kulit adalah dengan membungkusnya dengan koran. Pori-pori koran yang kasar sangat bermanfaat menyerap aneka bau, termasuk bau apek pada jaket kulit. Sebaiknya, bungkus jaket dengan koran selama beberapa hari, dengan begitu, bau jadi lebih terserap maksimal.


9. Taburi Jaket Kulit dengan Soda Kue

data-maxwidthxs=400

Soda kue juga salah satu zat yang mampu menyerap berbagai bau tak sedap dan terbukti aman bagi bahan kulit. Taburkan soda kue tipis-tipis pada jaket kulit, lalu masukkan dalam sarung bantal atau plastik. Tutup sarung bantal atau plastik, dan diamkan hingga semalaman atau 24 jam. Bersihkan soda kue dari jaket dengan penyedot debu mini atau lap secara perlahan.


10. Semir atau Cat Ulang Jaket Kulit

data-maxwidthxs=400
<pJika setelah melakukan berbagai cara aroma apek jaket tak juga hilang, itu berarti bau berasal dari bahan kulitnya. Biasanya, bahan kulit yang beraroma cukup kuat adalah kulit kambing. Maka cara agar bau kulitnya tidak tercium lagi adalah dengan menyemir atau mengecat ulang jaket. Dengan cara ini, bau kulit akan tersamarkan dengan bau semir atau bau cat kulit.
Ternyata mencegah bau tak sedap pada jaket kulit kesayangan Anda itu mudah ya! Siap mencobanya?


Anda mungkin tertarik dengan:


Maaf, sesi halaman ini telah kadaluarsa. Click "Ok" untuk perbaharui halaman ini.