Ingin membuat kentang goreng yang enak dan gurih? Ini tipsnya!

Erika - 19 Nov 2016 17.24

data-maxwidthxs=400

Kentang goreng adalah salah satu cemilan favorit banyak orang, mulai dari anak kecil hingga mereka yang mungkin sudah berusia lanjut. Tak heran bila di kafe atau restoran cepat saji, menu ini menjadi salah satu primadona.

Tips memasak kentang goreng yang renyah dan gurih

Saking enaknya, seringkali kita ingin membuat kentang goreng sendiri agar lebih hemat dan terjamin kebersihan. Namun sayangnya, masih banyak orang yang kesulitan dalam membuat cemilan tersebut. Yang paling banyak dikeluhkan adalah mengenai hasil akhir yang tidak seenak dan serenyah di restoran. Anda tentu berpikir, apa yang salah? Tentunya Anda penasaran bukan bagaimana cara agar kentang goreng renyah dan gurih? Nah, berikut akan diulas beberapa tips agar hasilnya tak kalah dengan restoran, check it out!


1. Pilih jenis dan ukuran kentang yang paling sesuai

data-maxwidthxs=400

Kentang yang paling direkomendasikan untuk membuat kentang goreng adalah kentang mentega, kentang jenis mempur, ataupun kentang kuning. Karena, jenis-jenis kentang tersebut diketahui memiliki cita rasa yang lebih enak dan ukuran daging buah yang lebih besar dibandingkan jenis kentang lainnya, sehingga sangat cocok jika akan diolah menjadi kentang goreng.

Namun, sebenarnya menggunakan jenis kentang apapun tidak masalah asalkan berukuran besar, sehingga mudah untuk dikupas dan dipotong-potong.


2. Potong-potong kentang seoptimal mungkin

data-maxwidthxs=400

Potong seoptimal mungkin maksudnya adalah potong dengan bentuk dan ukuran yang paling sesuai selayaknya kentang goreng yang anda temui di restoran favorit anda. Jika potongan yang anda buat terlalu besar, maka akan sulit untuk mendapatkan kentang goreng yang renyah.

Sedangkan, jika potongan yang anda buat terlalu kecil, maka akan sulit untuk menggorengnya hingga didapat hasil yang pas, karena jika potongan terlalu kecil, resiko terlalu cepat matang bahkan gosong saat menggoreng sulit dihindari. Untuk memudahkan anda sebaiknya saat memotong kentang menggunakan alat khusus sehingga hasil potongannya akan sama besar.


3. Cuci kentang untuk menghilangkan getah

data-maxwidthxs=400

Getah inilah yang biasanya menyebabkan kentang goreng menjadi lembek dan tidak renyah. Oleh karena itu, perlu treatmen khusus untuk menghilangkan getah tersebut. Getah dapat dihilangkan dengan merendam kentang atau mencuci kentang dengan air garam.


4. Rebus dan Simpan Kentang

data-maxwidthxs=400

Selanjutnya adalah merebus kentang dengan air yang telah dididihkan sebelumnya. Merebus kentang dilakukan sebentar saja sekitar kurang lebih 3 menit, agar diperoleh kentang yang seperempat matang.

Kentang yang telah direbus ditiriskan hingga diperoleh kentang dengan suhu yang tidak lagi panas ataupun hangat untuk dimasukkan ke dalam freezer dan tunggu minimal lima belas menit jika sudah tak sabar untuk mencicipi kudapan lezat tersebut.


5. Goreng kentang dengan teknik khusus agar renyah dan enak

data-maxwidthxs=400

Untuk menggoreng kentang, pertama-tama panaskan minyak dengan api sedang, kemudian ketika kentang akan dimasukkan maka kecilkan api agar tidak terlalu panas. Selanjutnya, goreng kentang sambil dibolak-balik hingga diperoleh warna kuning kecoklatan atau kuning keemasan. Kemudian ditiriskan hingga minyaknya hilang dan kentang siap diletakkan di piring penyajian.

Kentang goreng yang sudah siap disajikan dapat disajikan dengan atau tanpa tambahan. Tambahan yang dimaksud adalah bumbu penyedap yang biasanya disukai anak-anak seperti rasa barbeque, balado, jagung bakar, keju, dan lain-lain.

Namun, jika sebelum digoreng telah terlebih dahulu dilumuri garam ataupun bawang putih, agar tidak terlalu asin, maka sebaiknya sajikan kentang dengan saus sambal atau saus tomat saja.


Nah, ternyata sangat mudah bukan membuat kentang goreng yang renyah dan gurih? Selamat mencoba ya!


Anda mungkin tertarik dengan:


Maaf, sesi halaman ini telah kadaluarsa. Click "Ok" untuk perbaharui halaman ini.