Laptop cepat panas mengganggu pekerjaan anda? Ini cara mengatasinya.

Erika - 22 Nov 2016 14.26

data-maxwidthxs=400

Di zaman serba canggih ini segala pekerjaan telah menggunakan berbagai macam alat yang akan membantu mempermudah penyelesaian dan menunjang performa para pekerja. Salah satu contohnya adalah laptop. Dengan menggunakan laptop, pekerjaan mengetik atau berkirim informasi melalui e-mail serta mencari informasi menjadi lebih mudah.

Cara mengatasi laptop yang cepat panas untuk mencegah kerusakan

Namun, penggunaan laptop dalam jangka waktu yang lama pun memiliki kelemahan. Dimana semakin lama digunakan suhu laptop akan semakin meningkat. Jika masih kurang yakin, cobalah untuk menyentuh laptop dijamin akan terasa panas bahkan hawa panasnya akan terasa di sekililing laptop. Jika kondisi ini dibiarkan terus menerus, maka laptop akan cepat rusak. Disamping akan mengganggu pekerjaan Anda tentunya. Lantas, apa yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mengatasinya? Mari simak uraian berikut!


Perhatikan Peletakan Laptop

data-maxwidthxs=400

Tempat seperti apa yang dapat memicu overheat dengan lebih cepat pada laptop? Jawabannya adalah bantal dan kasur. Keduanya tidak memiliki sirkulasi udara yang baik dan menyebabkan udara tertahan di dalamnya sehingga udara tidak akan mudah masuk ke dalam laptop.

Apalagi biasanya lubang ventilasi udara yang dimiliki laptop terletak di bagian bawah atau samping laptop. Otomatis hal ini akan menyebabkan udara terhalang oleh bantal dan kasur dibawahnya sehingga susah untuk masuk ke dalam laptop. Inilah yang menyebabkan laptop menjadi lebih mudah mengalami overheat.


Gunakan cooling pad

data-maxwidthxs=400

Cooling pad berfungsi untuk mengurangi panas yang ditimbulkan akibat penggunaan laptop selama kurang lebih 1 hingga 5 derajat celcius. Bahkan, beberapa cooling pad yang berkualitas baik dapat mengurangi panas laptop secara signifikan.

Namun, penggunaan cooling pad ini juga beresiko untuk memudahkan masuknya debu dan kotoran ke dalam laptop. Akan lebih baik sebelum membeli cooling pad, Anda perhatikan secara detail spesifikasi dari cooling pad tersebut.


Bersihkan secara berkala kipas dan heatsink laptop

data-maxwidthxs=400

Mungkin banyak dari anda yang tidak begitu paham yang mana kipas dan ataupun heatsink laptop. Sebenarnya ada beberapa hardware utama yang apabila digunakan dalam jangka waktu lama sering memicu terjadinya overheat.

Bagi anda yang mungkin awam akan hal tersebut, maka sebaiknya secara rutin dan berkala, sebulan sekali misalya, anda membawa laptop anda ke tempat servis untuk melakukan pengecekan dan pembersihan.


Cek dan ganti Thermal Paste CPU secara berkala

data-maxwidthxs=400

Thermal paste CPU adalah otak yang mengatur suhu pada laptop. Oleh karena itu, kerusakan dari thermal paste CPU ini juga dapat menjadi salah satu penyebab utama dari terjadinya overheat pada laptop.

Pengecekan dan penggantian komponen ini secara berkala tantunya menjadi sangat penting. Sama seperti poin sebelumnya, maka mintalah tempat servis langganan anda untuk memeriksa thermal paste CPU dari laptop anda.


Atur setting sedemikian rupa

data-maxwidthxs=400

Salah satu cara untuk mengurangi panas laptop adalah dengan mengubah setting laptop. Misalnya pencahayaan lcd diatur di level yang paling rendah atau tidak terang, dan dengan mengaktifkan mode power saver. Selain itu, anda juga dapat mendownload beberapa aplikasi khusus yang memang berfungsi untuk meminimalisir panas laptop.


Optimisasi penggunaan Laptop

data-maxwidthxs=400

Maksud dari optimisasi penggunaan laptop adalah usahakan gunakan laptop seperlunya dan sewajarnya saja. Jangan gunakan laptop secara marathon atau terus-terusan tanpa berhenti, ataupun tanpa sempat diistirahatkan atau dimatikan, dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, segera tutup aplikasi-aplikasi di dalam laptop yang memang sudah tidak digunakan agar dapat mengurangi panas laptop.


Cari lingkungan yang sejuk dan bersih ketika menggunakan laptop

data-maxwidthxs=400

Lingkungan yang sejuk dan bersih yang dimaksud disini adalah hindari lingkungan terbuka yang terpapar langsung oleh debu dan panas matahari. Namun, Jika memang tidak dapat dihindari karena suatu alasan seperti anda harus berpergian ke luar kota atau bertemu klien, setidaknya minimalisir jangka waktu penggunannya.


Dengan melalukan beberapa tips diatas maka panas laptop dapat ditekan semaksimal mungkin dan membuat pekerjaan Anda menjadi lebih cepat selesai ditambah umur laptop yang akan lebih panjang. Selamat mencoba!


Anda mungkin tertarik dengan:


Maaf, sesi halaman ini telah kadaluarsa. Click "Ok" untuk perbaharui halaman ini.